Rabu, 21 April 2010

Tipe Kader dalam organisasi Oleh: Yohanes Reinnamah

Tipe Kader dalam organisasi

Oleh: Yohanes Reinnamah

Menurut saya ada tiga tipe orang yang dibutuhkan dalam suatu organisasi. Yakni tipe Pekerja, Pemikir dan Kepentingan. Dan ketiga tipe tersebut memang wajib ada bila even atau kegiatan yang kita rencanakan ingin sukses atau berhasil. Namun ketiga tipe manusia tersebut haruslah bergerak sesuai dengan koridor yang ada, karena bila tidak maka hasilnya adalah nihil. Ibaratnya sebuah pyramid seperti gambar berikut:

Dapat dibayangkan kalau kelompok orang Tipe Kepentingan lebih banyak dari kelompok Tipe Pemikir atau Tipe Pekerja, motivasinya jadi Start Dreaming and Stop Action, hasilnya bisa saling tumpang tindih karena ketidak seimbangan yang terjadi dalam tubuh organisasi tersebut.

Tipe Pekerja adalah tipe orang atau seseorang yang baru memulai karirnya atau kader pemula yang baru terjun atau kader yang sementara dibentuk sesuai jenjang pengkaderan dalam suatu kelompok oragnisasi. Kelompok orang inilah yang akan bertindak sebagai respon dari tipe Pemikir dan tipe Kepentingan. Bisa juga dikatakan bahwa mereka adalah ujung tombak kesuksesan atau ketidak-suksesan even yang akan berlansung. Mereka adalah sosok orang yang tangguh dan membutuhkan jiwa Start Action yang aktif.

Tipe Pemikir adalah tipe orang atau seseorang yang sementara berproses dalam suatu pengkaderan. Mereka harus mampu memberikan motivasi dan pemikiran cemerlang untuk tipe pekerja yang merupakan pelaksana kerja. Kelompok orang inilah yang membutuhkan kedewasaan untuk memulai tindakan, atau Start Action. Banyak dari tipe orang ini yang mengalami pasang surut dalam kedewasaan berpikir dan bertindak karena terobsebsi akan Start Dreming tipe kepentingan. Oleh karena itu dibutuhkan kematangan akan pengalaman dan kelihaian akan menganalisa suatu keputusan. Sehingga tidak heran kelompok orang ini bisa dimasukan dalam kelompok orang Start Action dan Start Dreaming

Tipe Kepentingan merupakan seorang atau sekelompok orang yang memiliki impian besar akan sesuatu. Mereka adalah pencetus suatu even dan bermimpi itu semua akan terjadi. Bukan hanya bekal pengalaman yang mereka dapati selama pengkaderan, namun dalam posisi ini kebutuhan akan semua pihak yang memotorinya harus terakomodir. Banyak aspek yang menjiwai pemikirannya dan tak jarang kelompok orang inilah yang akan meramalkan sesuatu akan berjalan baik atau buruk. Agar mereka tidak dikatakan hanya bermimpi atau Start Dreaming, maka mereka harus memberikan wejangan, didikan dan sumber kehidupan bagi kedua aspek tipe orang dibawahnya, yakni tipe pemikir dan tipe pekerja.

Dalam organisasi yang sementara kugeluti, yakni GMKI Cabang Manado, aku masuk dalam kategori Tipe Pekerja dan membutuhkan banyak energi untuk Start Action. Namun seiring dengan proses pengkaderan aku juga dituntut untuk dapat masuk dalam kelompok Tipe Pemikir, sehingga mau tidak mau aku harus menyukseskan Start Dreaming nya Tipe Kepentingan. Dengan kata lain untuk masuk menjadi kelompok Tipe Pemikir dibutuhkan suatu proses pengkaderan yang cukup memakan waktu dan tergantung kemampuan kita tentunya. Apa lagi untuk sampai dalam kelompok Tipe Kepentingan, selain dibutuhkan waktu prsoes pengkaderan yang sangat lama, kematangan dan kejeniusan dalam mengambil keputusan sangat berpengaruh.

Banyak dari kita salah kaprah akan tipe kelompok ini. Ada yang mengaku “dia tipe kelompok Pemikir”, “ bekerja”, atau tipe “kepentingan” namun sesungguhnya bahwa tipe semua orang telah di ciptakan menurut kemauan atau keinginan yang kuasa jadi silahkan memilih anda tipe yang mana…………UN OMNES UNUM SINT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar